Ini Penyebab Transfer Paul Pogba Tak Kunjung Usai

Padahal harga antara Juventus sebagai pemilik Pogba dan klub peminat sudah sangat jelas, yakni Pogba akan dijual dengan harga lebih dari 100 juta euro. Lalu, kenapa transfer tersebut masih belum terjadi dan seakan masih ada seabrek hal yang perlu diselesaikan?
Kenyataannya, mendatangkan pemain bintang memang tidak pernah mudah. Pertama, klub peminat sudah pasti harus memiliki banyak uang terlebih dahulu untuk bisa mendatangkan bintang yang diinginkan. Untuk hal tersebut, rasanya para klub peminat Pogba seperti Manchester United dan Real Madrid tidak memiliki masalah berarti.
Namun tidak demikian dengan negosiasi soal hal lain. Gaji pemain atau yang masuk dalam perjanjian personal dengan klub juga harus disepakati terlebih dahulu. Tak hanya urusan gaji, namun pemain juga berhak mendapatkan hak citra atau image rights atas namanya sendiri yang ikut menguntungkan klub dalam sejumlah hal.
Ya, image rights itulah yang terkadang membuat negosiasi menjadi alot. Image rights sendiri merupakan hak (dalam hal ini adalah uang) yang bisa didapat sang pemain ketika nama atau wajahnya ikut membuat klub mendapatkan keuntungan secara komersial. Contohnya saja nama atau wajah Pogba mampu membantu terjualnya sejumlah produk yang ternyata bisa mendatangkan keuntungan besar bagi klubnya. Dan dalam hal tersebut, Pogba berhak mendapatkan persentase dari keuntungan yang diraih klub jika ia memasukkannya ke dalam kontrak.
Olahraga adalah bagian dari industri hiburan. Gaji seorang Brad Pitt adalah gabungan dari kemampuannya berakting dan hak citra yang ia miliki, yakni pemakaian wajahnya dalam promosi atau penjualan merchandise, kata agen olahraga, Dave Williams. Begitu juga dengan nama David Beckham. Ia dikenal sebagai (mantan) pebola yang menikahi personel Spice Girl dan sangat fashionable. Hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang bernilai bagi klub, perusahaan kaos, atau di bidang lainnya.
Tak hanya soal gaji dan hak citra saja tentunya. Klub peminat juga dipastikan masih harus memberikan kompensasi pada agen sang pemain karena ia yang mengusahakan agar sang pemain tetap bernegosiasi dengan klubnya meski ada banyak klub lain yang menginginkan jasanya. Dalam banyak kasus, kompensasi untuk sang agen memang ada diluar biaya transfer untuk mendapatkan sang pemain itu sendiri.
Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin transfer Pogba malah baru akan usai di masa akhir bursa transfer nanti. Pasalnya jika menggabungkan semua aspek tersebut, bisa saja total biaya yang dikeluarkan klub peminat akan mencapai kisaran angka 150 juta euro. Sebuah angka yang gila hanya untuk mendapatkan satu pemain saja.

elwakeel-ad.com klik365 Sumber: Sidomi