Jokowi Temui PM Australia dan Belanda di Hamburg

liputan6 Agenda pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja di Hamburg, Jerman, adalah bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull dan PM Belanda Mark Rutte. Pertemuan itu dijadwalkan berlangsung pada Jumat 7 Juli pagi waktu Hamburg di Hotel Steigenberger, tempatnya menginap.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab) Republik Indonesia (RI), Jumat (7/7/2017), menjelaskan, usai kedua pertemuan bilateral tersebut, agenda Jokowi mulai dipadati berbagai kegiatan terkait KTT G20. Salah satunya, menghadiri leader retreat bertema ‘Memerangi Terorisme’. Jokowi akan menjadi pembicara utama dalam pertemuan para pemimpin dunia tersebut.

“Presiden akan berbicara mengenai situasi di Marawi, Filipina, dan juga bagaimana kerjasama kontra terorisme dapat diperkuat di dalam konteks G20, karena G20 ini merupakan negara-negara yang besar. Jadi semakin besar kita, juga akan semakin besar tanggung jawabnya,” ujar Retno kepada wartawan di lobi Hotel Steigenberger, Hamburg, Jerman, Kamis 6 Juli malam waktu setempat. liputan6

Retno berharap, berbagai kerjasama dengan negara sahabat merupakan kemitraan yang kuat dan konkret. Selain itu, imbuhnya, Indonesia juga selalu melakukan pendekatan dengan mengembangkan soft power.

“Soft power itu, antara lain mengenai deradikalisasi dengan menempatkan pelaku terorisme di dalam lembaga dalam organisasi kemasyarakatan. Melibatkan misalnya keluarga dari teroris itu sendiri untuk bersama melakukan preferensi narapidana teroris yang sudah insaf,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *