Pergelaran Liga Pelajar U-16 Akan Dimajukan

Antusiasme daerah yang ingin penyelenggaraanLiga Pelajar U-16 Piala Menpora segera digelar tahun ini direspons Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora). Atas banyaknya permintaan tersebut, Kempora memutuskan untuk mempercepat pelaksanaannya tahun 2017 ini.
Keputusan tersebut dicapai hari ini dalam rapat yang dipimpin Deputi Pembudayaan Olahraga Kempora, Raden Isnanta. Liga Pelajar U-16 yang biasanya dimulai pada bulan Juli akan dimajukan kick-off-nya sebelum bulan Ramadan.
“Jangan sampai antusiasme para pelajar di daerah menurun karena terlalu lama menunggu,” kata Isnanta. “Segera persiapkan percepatan waktunya. Tapi sinkronkan pelaksanaannya dengan program Ayo Olahraga.”
Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan, Arifin Madjid, menyanggupi arahan tersebut. “Kami sudah siap. Konsep, regulasi, dan panitia pelaksananya sudah kami siapkan sejak lama,” ia menegaskan.

Kepanitiaan nanti tetap dipercayakan kepada Mohamad Kusnaeni dan timnya. Tahun lalu, tim ini juga yang bertanggung jawab atas teknis pelaksanaan di lapangan.
“Dari sisi konsep, mungkin hanya akan ada sedikit perubahan. Terutama menyangkut usia pemain,” kata Kusnaeni yang dikenal sebagai pengamat sepak bola nasional.
“Saya akan koordinasi dulu dengan Direktur Kompetisi dan Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI. Jangan sampai agenda Liga Pelajar bentrok dengan program PSSI. Makanya perlu harmonisasi.”
Menurut Bung Kus, yang agak serius dibenahi, adalah soal tata kelolanya.
“Kami akan memperketat proses screening. Selain itu, cakupan kegiatan juga kami perluas ke tingkat kabupaten sehingga anak-anak desa bisa ikut berpartisipasi di Liga Pelajar U-16,” tambahnya.

Iman Rahman Cahyadi/CAH
BeritaSatu.com

elwakeel-ad.com klik365 Sumber: BeritaSatu